Reset Auto Increment MySQL..

Gue baru ketemu cara untuk me-reset auto increment pada tabel di MySQL, ternyata gampang.. šŸ˜€ caranya sebagai berikut..


ALTER TABLE nama_tabel AUTO_INCREMENT = 0;

Haha gampang kan?

Advertisements

18 comments

  1. bisa di mysql clint lewat command prompt atau terminal di linux. bisa juga menggunakan sql editor seperti SQLyog, dll. thanks.

  2. pakai command prompt
    > buka command prompt (start –> all program –> accessories –> command prompt
    > ketik mysql -u xxxx -p {enter}
    > ganti xxxx dengan username database anda
    > masukkan password (kosongkan bila tidak ada)
    > pastikan anda berada pada direktori bin (c:\xampp\mysql\bin\) kalau pakai xampp

    pakai terminal linux
    > buka terminal (jangan ngaku pengguna linux kalo gak pernah buka terminal)
    > ketik mysql -u root -p
    > masukkan password (kosongkan bila tidak ada)

    kalo ada pertanyaan langsung ke blog aku atau di sini juga bisa

    • mustinya AUTO_INCREMENT = 1
      soalnya itu berlaku setelah banyaknya record pada tabel yang akan di alter nantinya.

      jadi, misal banyaknya record sebelumnya adalah 31, maka setelah di set AUTO_INCREMENT = 1,
      auto increment akan berlaku mulai 32.

      *yaitu 31 + nilai auto increment yang diset.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s